Pengertian, Keuntungan Dan Kerugian Blog Micro Niche

Diposting pada

Pengertian, Keuntungan Dan Kerugian Blog Micro Niche – Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang keuntungan dan kerugian dari mengelola sebuah blog micro niche yang mana secara garis besar seperti diketahui bahwa blog dikelompokkan menjadi 2 kategori besar yaitu lifestyle blog dan niche blog. Dua – duanya dapat merupakan perwujudan 2 tujuan anda ngeblog taitu sebagai berikut : saya mau nulis tentang segala sesuatu / apa saja dan saya mau nulis tentang sesuatu.

Pengertian, Keuntungan Dan Kerugian Blog Micro Niche
Pengertian, Keuntungan Dan Kerugian Blog Micro Niche

Apa Sebenarnya Arti Kata Niche Itu ?

Secara harfiah niche dalam hal ini diartikan ceruk jadi niche blog bisa dibilang sebagai satu topik yang selalu anda bahas selama anda ngeblog.

Menurut James Robinson dalam bukunya yang berjudul The Authority Site Adsense Guide, dikenal ada 4 jenis niche blog sebagai berikut : whole niche, broad niche, themed niche, dan micro niche.

Baca Juga : Cara Mengelola Multiple WordPress

Apa perbedaan antara keempat jenis niche blog bersangkutan ?

Anda dapat mengambil gambaran sebagai berikut : kalau anda sedang membahas tentang masalah kesehatan maka itu adalah bersangkutan dengan whole niche sedangkan kalau topiknya dipersempit lagi menjadi kesehatan ibu dan anak mah ini sudah berhubungan dengan broad niche. Lebih sempit lagi misalnya menjadi membahas tentang kesehatan ibu dan bayi baru lahir maka sudah termasuk ke dalam themed niche yang jika diperkecil lagi menjadi kesehatan bayi premature maka inilah yang disebut dengan istilah micro niche.

Jadi semakin sempit niche sebuah blog maka semakin fokus anda untuk menulis sehingga semakin spesifik juga pembaca blog anda.

Mengapa Disebut Dengan Niche Blog ?

Meskipun niche memang akan membatasi topik tulisan anda di blog, hal ini tidak berarti bahwa akan membatasi kreativitas anda justru semakin ditantang untuk kreatif dalam mengolah topik yang sudah anda pilih yang artinya anda semakin expert dalam topik yang dimaksudkan yang pastinya akan menguntungkan branding blog anda.

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa lifestyle blog memang memiliki peluang besar untuk menjaring banyak karakter pembaca namun tanpa spesifikasi khusus maka unique pageview dan returning visitor akan cenderung lebih sedikit.

Berbeda dengan niche blog yang dianggap lebih mudah untuk membangun pembaca blog yang lebih loyal, untuk satu bahasan topik yang sama biasanya pembaca akan menjadi lebih percaya pada tulisan – tulisan di blog yang berniche dibandingkan tulisan blog lifestyle. Kenapa ? Secara logika menjelaskan bahwa fokus pada satu masalah tentunya akan menjadi lebih mendalam pengetahuan yang akan dikuasai apabila dibandingkan dengan anda mengetahui semua namun hanya sedikit – sedikit saja. Maka dari itu apa keuntungan / kerugian dari niche blog ? Marilah coba melihat dua hal tersebut di bawah ini.

Keuntungan Dari Niche Blog

1. Lebih fokus

Niche akan membantu membuat anda menjadi lebih fokus dalam kegiatan tulis – menulis. Anda bisa dituntun untuk dapat berjalan di track anda sendiri dan lebih fokus kepada tema yang sedang dibahas sehingga anda bisa menggali topik menjadi lebih dalam.

2. Branding

Dari sisi branding anda menjadi tidak terlalu susah melakukannya dibandingkan lifestyle blog. Ilustrasinya seperti ini : misalnya ada A blogger ditanya oleh seorang pengunjung blogger, yang mana A blogger, ada yang menjawab bahwa itu yang namanya A blogger. Nah dari ilustrasi inilah anda tidak lagi dikenal sebagai A blogger namun sebagai si penulis blogger maka dari itu tanpa perlu bersusah payah anda sudah mendapatkan branding sekaligus dengan cara menentukan topik blog.

3. Lebih mudah dikembangkan

Apabila anda ingin dimonetasi dengan adsense maka seperti sudah bukan rahasia lagi kalau Google Adsense lebih menyukai blog yang berniche dibandingkan dengan yang campur – campur. Contohnya adalah ingin  dilirik  oleh  penerbit buku ?

Penerbit akan lebih menyukai mengangkat topik khusus yang sedang ramai dibicarakan saat ini dibandingkan melamar blog tanpa memiliki topik khusus. Para editor buku dari penerbit juga suka jalan – jalan mengadakan kunjungan ke blog – blog untuk menemukan topik buku yang ingin diterbitkan. Jika ada kecocokan bisa saja dilamar untuk menerbitkan buku.

4. Menjadi lebih mudah optimasinya

Begitu anda sudah mempunyai topik blog maka keyword pun seharusnya sudah bisa dipegang. Selanjutnya anda harus melakukan yaitu memvariasikan keywords dan mengembangkannya di blog.

Nah itulah empat keuntungan niche blog, selanjutnya adalah bagaimana mencari tahu niche yang cocok untuk anda ? Simak ulasan singkat dari kami tersebut di bawah ini.

Cara Mengetahui Niche Blog Yang Tepat

1. Follow your passion

Kenali minat anda lalu sesuaikan dengan topik blognya. Contohnya adalah kalau anda suka dengan kegiatan memasak buatlah food blog atau anda yang gemar jalan – jalan keliling dunia maka pilihlah tema blog seperti travel blogger. Jadi pada intinya selain mengenali minat juga perlu anda mengenali kelemahan diri sendiri demi untuk kelanjutan blog anda. Pilih topik yang benar – benar anda kuasai, diminati dan membuat anda merasa bahagia saat melakukannya dan menuliskannya.

Niche tidak melulu soal minat ataupun tentang hobi anda tetapi memiliki ruang lengkup lebih luas yang berhubungan dengan perkerjaan anda misalnya sehari – hari anda adalah seorang marketing manager, nah ini bisa dijadikan dasar untuk membuat blog dengan topik marketing.

2. Lihat statistik blog anda

Ini bisa anda lakukan melalui Google Analytics yang mana dari statistik akan kelihatan artikel – artikel yang mana paling laris dibaca oleh orang atau para pengunjung. Dari statistik juga bisa kelihatan interest pembaca blog anda seperti apakah ? Apa yang mereka cari di blog adalah hal – hal yang kelihatan semua.

Meskipun banyak memiliki keuntungan, blog micro niche juga memiliki beberapa kelemahan yaitu menjadikan pembagian informasi kurang lengkap karena semakin sempit niche blog maka semakin fokus anda untuk menulis sehingga menjadi semakin spesifik untuk para pengunjung / pembaca blog anda.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian, keuntungan dan kerugian blog micro niche, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang baik hati. Terimakasih.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Web

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *