Cara Budidaya Kacang Panjang Untuk Pemula
Cara Budidaya Kacang Panjang Untuk Pemula

Cara Budidaya Kacang Panjang Untuk Pemula

Diposting pada

Cara Budidaya Kacang Panjang – Menurut ilmu agrotek Kacang panjang atau Vigna unguiculata merupakan tanaman yang berasal dari Afrika. Tanaman yang tumbuh merambat ini sempat diklaim berasal dari India.

Di Indonesia, kacang panjang dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau pun sayur-sayuran. Ini karena kacang panjang memiliki kandungan protein yang tergolong tinggi. Tak salah kenapa tanaman ini begitu banyak dibudidayakan.

Budidaya kacang panjang dapat dilakukan dengan memperhatikan keadaan tanah atau media tanam, proses penanaman yang tepat, hingga perawatan tanaman kacang panjang.

Area Budidaya Kacang Panjang

Kacang panjang mampu tumbuh dan berkembang di area yang subur dengan pH 5.5 – 6. Keberadaan area juga tidak luput dari perhatian karena tanaman kacang panjang tersebut hanya dapat berkembang pada ketinggian maksimal 800 mdpl.

Pertumbuhan tanaman kacang panjang juga dipengaruhi oleh suhu lingkungan yaitu sekitar 15°C – 24°C dengan curah hujan 600 – 1.500 mm pertahun.

Proses Penanaman dan Perawatan Kacang Panjang

Penanaman kacang panjang dapat dilakukan dengan penyemaian benih. Sebelumnya, area penanaman sudah ditaburi dengan pupuk kompos.

Benih kacang panjang bisa saja diperoleh dari kacang panjang itu sendiri yang telah disimpan dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, pelaku budidaya bisa mendapatkan benih kacang panjang dengan cara membelinya di toko pertanian terdekat.

Ketika benih tanaman kacang panjang sudah disemaikan, lakukan penyiraman secara berkala dan pantau selalu pertumbuhannya. Jangan lupa untuk menambahkan pancang di area penanaman agar tanaman tersebut tumbuh bertumpu pada pancang tersebut.

Perawatan Tanaman Kacang Panjang

Keberhasilan budidaya kacang panjang tergantung kepada perawatan dan pemeliharaannya.

  • Tanaman kacang panjang adalah tanaman yang tidak bisa kekurangan air, sehingga pelaku budidaya harus memperhatikan intensitas penyiraman.
  • Penyulaman dilakukan untuk memeriksa tanaman yang tidak tumbuh optimal.
  • Untuk mengantisipasi hama dan penyakit, pelaku budidaya disarankan agar melakukan penyiangan secara berkala.
  • Penambahan nutrisi tanaman kacang panjang dapat dilakukan dengan memberikan pemupukan lanjutan.

Pemanenan Kacang Panjang

Pemanenan dapat dilakukan jika usia kacang panjang tersebut sudah memasuki hitungan 50 sampai 60 hari. Lakukan seleksi buah yang sudaah matang dengan cara memetiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *