Cara Membuat NPWP Pribadi Untuk Orang Awam

Diposting pada

Cara Membuat NPWP Pribadi – Individu maupun organisasi harus memiliki NPWP. Karena ini nomor identitas berisi hak dan kewajiban sebagai warna negara. Dengannya aktifitas pembuatan passport dan pengajuan kredit bisa dilakukan.

Cara Membuat NPWP Pribadi Untuk Orang Awam
Cara Membuat NPWP Pribadi Untuk Orang Awam

Pengertian NPWP

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Sebuah sarana administrasi perpajakan yang harus dimiliki semua masyarakat.

NPWP adalah dokumen yang sangat penting. Kepemilikannya tertuang dalam regulasi hukum perpajakan. Salah satu fungsinya adalah menjamin keteraturan pembayaran pajak masyarakat yang dikenai wajib pajak.

Baca Juga : Penyebab Pinjaman Ditolak Oleh Pihak Bank

Cara Membuat NPWP Pribadi

Cara membuat NPWP pribadi tidak sulit. Apalagi sudah ada sistem pembuatan NPWP secara online. Jika pun tidak ada aksesnya silakan mendatangi kantor pajak setempat dengan membawa berkas yang diperlukan. Ini dia cara yang lebih lengkap:

1. Akses Situs Resmi Pajak

Cara yang pertama adalah silakan akses situs resmi pajak. Di website itu sudah ada fitur pembuatan NPWP. Jika sudah masuk di situsnya tinggal lakukan tahap berikut.

2. Membuat Akun di Situs

Untuk bisa membuat NPWP Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Caranya cari fitur klik daftar lalu tekan fitur tersebut. Silakan isi data Anda termasuk email. Akhiri dengan klik daftar.

3. Cek Notifikasi Email

Silakan buka email lalu cari link notifikasi. Klik URL tersebut, Anda akan diarahkan pada halaman situs yang berisi kolom pengisian data-data NPWP.

4. Mengisi Data NPWP

Langkah yang ketiga adalah mengisi data NPWP dengan lengkap. Di antaranya alamat, Nomor HP, Status dan semacamnya. Jangan lupa menentukan jenis NPWP yaitu NPWP pribadi.

Di laman ini Anda diperintahkan mengisi ID dan password yang akan diulang dua kali. User dan sandi itu yang akan digunakan saat login di situs. Jika semua sudah selesai silakan klik Token.

5. Cek Token di Email

Yang keempat adalah melakukan pemeriksaan Email. Jika ketemu kode token langsung copy di dashboard situs. Akhiri dengan klik Kirim Permohonan.

6. Menunggu NPWP Dikirim ke Alamat Rumah

Setelah semua proses dilakukan Anda tinggal menunggu NPWP dikirimkan ke rumah. Jika berkas yang dikirimkan lengkap, biasanya pengiriman tidak membutuhkan waktu lama.

Demikian beberapa cara membuat NPWP pribadi secara online. Cukup mudah sekali bukan.

Baca Juga : Persiapan Sebelum Membuat Blog Self Hosted

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *