Cara Mengelola Multiple WordPress dalam 1 Akun

Diposting pada

Dalam mengelola wordpress bisa dikatakan sebagai hal yang mudah, akan tetapi coba bayangkan jika kita diharuskan untuk menglola empat sampai lima website sekaligus? Tentu akan sangat rumit.

Cara Mengelola Multiple WordPress dalam 1 Akun
Cara Mengelola Multiple WordPress dalam 1 Akun

Untuk mengatasi hal tersebut para pengelola website bisa menggunakan beberapa plugin yang tersedia di wordpress untuk mengelola website-websitenya. Adapaun plugin tersebut dapat dilihat pada poin-poin berikut ini :

1. Manage WP

Manage WP adalah sebuah pulgin freemium atau plugin yang bisa didapatkan secara gratis dengan kata lain pengelola website dapat menggunakan plugin ini tanpa harus membayar uang sepeserpun.

Baca Juga : Persiapan Sebelum Membuat Blog Self Hosted

Akan tetapi jika fitur yang disediakan oleh Plugin Manage WP kurang lengkap pengelola dapat meng-Upgrade pluginnya. Untuk upgradenya sendiri terdapat dua pilihan yakni :

  • Click Login

Fitur utama yang diberikan oleh plugin Manage WP ini terdapat click Login yang memungkinkan pihak pengelola masuk ke dashboard beberapa website dengan sekali login

  • Factor Authentication

Sementara yang fitur yang ke dua ialah Factor Authentication yang disediakan secara Cuma-Cuma. Autentifikasi ganda ini memungkinkan pengelola untuk terhindar dari upaya peretasan website.

Dua fitur diatas bisa didapatkan dengan gratis dari plugin tersebut, sedangkan untuk fitur berbayar pengguna dapat memonitor performa SEO.

2. Jetpack

Pengguna worpress mungkin sangat familiar dengan salah satu plugin cetusan wordpress.com ini. Plugin jetpack menawarkan paket lengkap mulai dari mengelola tampilan website, marketing dan juga pengelolaan mulitsite wordpress yang menjadi bahasan kita kali ini.

Untuk mengelola beberapa website dalam plugin ini cukup mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke wordpress.com/sites dan membuat daftar website yang akan dikelola sekaligus.

3. InfiniteWP Client

Plugin pengelola multisites ini sangat populer reputasinya di kalangan perusahaan-perusahaan besar seperti Yoast, IBM, United States Postal Service maupun Honda. Hal ini tentu akan dinilai sangat wajar jika dilihat dari kelengkapan fitur yang ditawarkan.

Seperti dua plugin sebelumnya, InfiniteWP Client merupakan solusi untuk mengelola banyak website sekaligus. Pengguna dapat mengelola laman, tautan dan post dalam satu dashboard sekaligus. Selain itu pengguna juga dapat membackup dan merestore pengaturan serta menginstal, migrasi ataupun mengetes website wordpress.

Baca Juga : Cara Membuat NPWP Pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *