Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Komputer

Diposting pada

Cara mengembalikan file yang terhapus di komputer bisa dilakukan jika data yang tersimpan tergolong penting dan vital. Karena jika ini terhapus, tentu Anda akan kesulitan karena harus mengetik ulang. Apalagi jika file tersebut sangat dibutuhkan pada waktu itu juga.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Komputer
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Komputer

Nah, jika ini yang terjadi Anda tidak perlu panik, karena kami memiliki cara mengembalikan file yang terhapus di komputer. Silakan dicoba jika tiba-tiba ada data yang tidak sengaja terhapus dari drive penyimpanan. Ini dia caranya:

1. Periksa Folder Recycle Bin

Biasanya, jika Anda tidak sengaja menghapus file, data tersebut tidak langsung hilang dari komputer. Tetapi masih tersimpan di Folder Recycle Bin.

Folder ini memang sebagai penyimpan file yang dihapus dari komputer. Biasanya file terhapus permanen jika sudah tersimpan di Recycle Bin selama 60 hari. Jadi, jika sebelum masa tersebut, file yang terhapus masih bisa ditemukan.

Maka dari itu, jika terlanjur menghapus file penting, jangan panik dulu. Silakan periksa folder Recycle Bin. Jika ketemu file yang hilang tadi, klik kanan saja lalu pilih Restore. File akan kembali ke tempat penyimpanan semula.

2. Gunakan Restore Previous Versions

Cara mengembalikan data yang hilang selanjutnya adalah gunakan fitur Restore Previous Versions. Ini merupakan software bawaan yang ada di dalam komputer. Sehingga Anda tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak pihak ke tiga.

Cara mengembalikan data yang hilang di komputer dengan tips ini ialah buka folder tempat data terhapus, setelah itu klik kanan lalu pilih Restore Previous Versions. Jika sudah muncul jendela baru, klik Tab Previous Versions.

Selanjutnya, silakan pilih folder yang akan dilakukan previos versions atau di-restore. Setelah ketemu, silakan klik restore saja, maksudnya agar pengaturan folder dikembalikan ke folder sebelum data di dalamnya hilang.

3. Menggunakan Aplikasi Recovery

Jika kedua cara di atas tidak bisa mengembalikan data yang terhapus, silakan gunakan cara yang ketiga yaitu menggunakan aplikasi recovery, salah satunya adalah recuva. Namun, untuk menggunakan cara ini, Anda harus men-download aplikasinya terlebih dahulu. Karena software semacam ini bukan bawaan windows.

Bingung karena data penting terhapus? Jangan panik! Lakukan saja tiga cara mengembalikan file yang terhapus di komputer yang sudah dijelaskan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *