Cara Meningkatkan Hasil Getah Karet
Cara Meningkatkan Hasil Getah Karet

Cara Meningkatkan Hasil Getah Karet

Diposting pada

Cara Meningkatkan Hasil Getah Karet – Terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil getah karet.

Hasil dari getah karet dapat ditingkatkan dengan melakukan tindakan-tindakan dasar seperti membersihkan gulma atau melakukan penyiangan, menggunakan pupuk alami dari kotoran ternak, dan menggunakan pupuk dari grama isotonik.

Selain itu, waktu penyadapan pada saat sebelum matahari terbit juga dapat membantu memberikan hasil yang lebih baik.

Jika langkah-langkah tersebut telah dilakukan namun dirasa belum cukup, ada beberapa cara lain untuk meningkatkan hasil dari getah karet.

Pertama-tama siapakan super nasa sebanyak 3 kg dan NPK sebanyak 100 kg. Jumlah ini dapat disesuaikan dengan tergantung dari jumlah pohon yang dimiliki. Langkah berikutnya adalah membersihkan gulma di lahan pohon karet.

Setelah itu, campurkan super nasa dengan NPK. Taburkan campuran tersebut ke setiap pohon karet. Per pohonnya diberikan sebanyak 2 ons campuran tersebut. Lakukan tindakan ini secara berulang setiap 4 bulan, maka hasil getah karet akan meningkat.

Selain dengan cara di atas, cara lain untuk meningkatkan produksi getah karet adalah dengan menggunakan bawang merah.

Bawang merah dapat meningkatkan produksi getah pada pohon karet karena mengandung hormon auksin. Hormon tersebut sangat diperlukan oleh pohon karet.

Semakin sering pohon karet disadap, maka kandungan auksin pada pohon karet akan semakin menurun. Maka, penggunaan bawang merah dapat sangat membantu meningkatkan kandungan auksin pada pohon karet.

Langkah-langkah yang diperlukan pertama-tama adalah dengan membuat sadapan yang baru. Sadapan dibuat dengan melingkari kulit terbawah (sekitar 2-10 cm) dengan lebar 1-2 cm.

Perlu dibuat sadapan baru dikarenakan kondisi sadapan baru yang masih bebas bakteri sehingga dapat lebih efektif apabila diberikan perlakuan ekstrak bawang merah.

Langkah berikutnya adalah menyiapkan bahan ekstrak bawang merah, yaitu dengan cara mencampurkan ROTAN (Ramuan Organik TANaman) atau prebiotik tanaman sebanyak 1 L dengan 1 kg jus bawang dan 2 L air.

Aduk campuran tersebut hingga merata, lalu oleskan ekstrak tersebut ke kulit sadapan yang telah dibuat dengan menggunakan kuas. Lakukan pengolesan ini secara terus menerus setiap sore hari selama 2 minggu untuk meningkatkan hasil getah karet.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *