Pengertian dan Manfaat Cloud Hosting
Pengertian dan Manfaat Cloud Hosting

Pengertian dan Manfaat Cloud Hosting

Diposting pada

Pengertian dan Manfaat Cloud Hosting – Cloud hosting pertama kali dikembangkan oleh John McCharty, seorang pakar komputasi dan kecerdasan buatan yang berasal dari MIT pada tahun 1960. Lewat ide ini, kemudian pendiri Oracle menindaklanjuti ide mengenai cloud hosting pada tahun 1990.

Bagi yang belum mengenal cloud hosting, cloud hosting merupakan web hosting yang menggunakan lebih dari satu server untuk keseimbangan beban serta memaksimalkan jam kerja server.

Cloud merupakan istilah yang kerap digunakan untuk menyebut internet, sementara hosting adalah layanan penyimpanan data yang ada di website.

Data tersebut bisa berupa fail teks, dokumen, video atau database. Server-server dalam sistem cloud hosting akan terhubung sehingga performa website tetap terjaga.

Manfaat Cloud hosting bertujuan untuk menjaga website agar tetap dapat berjalan meskipun ada salah satu server yang mengalami gangguan.

Pada cloud hosting, teknologi yang memungkinkan penggabungan beberapa server dan membuatnya menjadi server dengan resource terpusat dinamakan cluster.

Teknologi cluster akan memungkinkan website berjalan walaupun terdapat server yang bermasalah, karena server tersebut akan saling melakukan backup.

Cloud hosting dapat digunakan oleh website baik yang digunakan untuk website pribadi maupun perusahaan. Beberapa website besar yang seperti situs pencarian atau jaringan sosial juga menggunakan hosting jenis ini karena trafik atau klik yang jumlahnya relatif besar.

Single server biasanya tak mampu menahan beban atau load dari trafik yang tinggi, sehingga cloud hosting lebih tepat untuk digunakan.

Cloud hosting juga memungkinkan keamanan data dari penyadapan jaringan ataupun penyalahgunaan data dan karena data pada server yang menggunakan cloud hosting berada di server pusat, maka data akan lebih aman.

Biasanya penyedia layanan cloud hosting juga akan menyediakan layanan bandwith yang tidak terbatas, berbeda dengan layanan web hosting tradisional, hal ini tentu menguntungkan karena bisa menampung trafik yang tinggi.

Cloud Hosting akan sangat berguna untuk mengurangi website tak dapat diakses akibat server yang dalam keadaan down.

Dengan cloud hosting, meski digunakan oleh banyak orang serta server akan memberikan layanan yang lebih cepat. Jadi bila Anda memiliki website pribadi atau perusahaan dengan trafik yang tinggi, untuk mencegah server mengalami gangguan, lebih baik mempertimbangkan melakukan upgrade ke cloud hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *