Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk – Yang dimaksud dengan jeruk adalah salah satu komoditas buah – buahan yang sangat disukai oleh masyarakat baik itu dalam bentuk buah meja / buah segar maupun dalam bentuk hasil olahan.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk
Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk

Buah yang rata – rata memiliki rasa manis – manis asam ini banyak mengandung air dan kaya akan nutrisi lainnya seperti vitamin, mineral, protein, kalori, dan serat bagus untuk pertumbuhan tubuh.

Di samping itu buah jeruk juga banyak mengandung zat beta karoten dan thiamin yang mana tanaman ini memiliki beragam spesies yang termasuk ke dalam kelas tanaman biji berkeping dua dan saat ini banyak dibudidayakan dalam skala besar di daerah – daerah tropis.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Hasil Getah Karet

Klasifikasi Tanaman Jeruk

Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Rutales
Famili : Rutaceae
Genus : Citrus
Spesies : Citrus Sp

Morfologi Tanaman Jeruk

1. Akar pada tanaman buah jeruk

Akar pada tanaman bauh jeruk terdiri dari akar tunggang, akar serabut serta akar – akar rambut. Akar tunggang pada tanaman jeruk bisa mencapai kurang lebih 4 meter jika tanaman bersangkutan mendapat tanah yang subur dan tidak membentur tanah yang keras ataupun tanah berair.

Hal ini dikarenakan tanaman jeruk mempunyai akar tunggang dengan ujung akar terdiri dari sel – sel muda yang senantiasa membelah dan menjadi titik tumbuh akar jeruk. Sel – sel akar ini sangat lembut sehingga mudah sekali patah kalau menembus tanah yang keras dan padat.

2. Batang pada tanaman buah jeruk

Batang tanaman jeruk berbentuk bulat dan banyak ditumbuhi mata tunas. Batang tanaman jeruk ini ada yang terlihat kasar dan berduri namun ada pula yang permukaannya halus.

Dan tinggi batang tanaman jeruk ada yang mampu mencapai ketinggian sekitar 15 m dan ada pula yang hanya mencapai 5 m yang memiliki beragam warna, semua itu tergantung dari jenis tanaman jeruk yang sedang anda kembangkan.

3. Daun pada tanaman buah jeruk

Daun tanaman buah jeruk memiliki bentuk bulat lonjong menyerupai telur, berwarna hijau tua dan terlihat tebal berlapis lilin. Tidak terdapat bulu – bulu pada kedua sisi daun dan tulang daun berbentuk menyirip beraturan, meskipun ada juga yang berselang – seling.

4. Bunga pada tanaman buah jeruk

Jeruk adalah salah satu tanaman yang berbunga majemuk, berwarna putih pucat dan termasuk ke dalam bunga sempurna (dalam 1 kuntum bunga terdapat 2 kelamin atau hermafrodit) yang mana biasanya bunga jeruk akan muncul pada ketiak daun atau pucuk ranting yang masih muda dan berbau harum karena banyak mengandung nectar / madu dalam jumlah besar.

5. Buah pada tanaman buah jeruk

Buah jeruk ada yang memiliki bentuk bulat, oval, dan ada pula yang berbentuk lonjong dengan sedikit memanjang. Kulit buahnya berlapis lilin dan berair, ada yang tipis dan ada yang tebal serta alot dan mudah dikupas, memiliki warna kuning, jingga dan hijau tergantung jenisnya.

6. Biji pada tanaman buah jeruk

Pada tanaman jeruk terdapat biji – biji yang tersembunyi pada bulir buahnya, yang mana ketersediaan biji pada tanaman jeruk tergantung dari varietasnya yaitu ada yang berbiji banyak hingga tidak berbiji.

Biji jeruk biasanya berwarna putih atau putih keabu – abuan berbentuk bulat telur dan runcing pada salah satu ujungnya yang memiliki sifat poliembrional dengan embrio berwarna putih.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman jeruk, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Cara Budidaya Kembang Kol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *