Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rambutan

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rambutan – Tanaman buah rambutan cocok ditanam di halaman atau pekarangan rumah untuk fungsi memperteduh halaman yang mana ada juga pengembangan dalam bentuk tabulampot, selain dinikmati hasilnya juga mengandung nilai estetika.

Berikut di bawah ini kami berikan klasifikasi dari tanaman rambutan adalah sebagai berikut :

Kingdom Plantae
Sub kingdom Viridiplantae
Infra kingdom Streptophyta
Super devisi Embryophyta
Devisi Tracheophyta
Sub devisi Spermatophytina
Kelas Magnoliopsida
Super ordo Rosanae
Ordo Sapindales
Famili Sapindaceae
Genus Nephelium L
Spesies Nephelium Lappaceum L

Setelah anda mengetahui tentang klasifikasi dari tanaman rambutan maka langkah selanjutnya adalah pengenalan morfologinya. Yang mana perlu diketahui bahwa tanaman rambutan memiliki jenis yang cukup beragam seperti halnya jenis buah – buahan yang lainnya yaitu rambutan binjai, sinyonya, cimacan, dan rambutan aceh lebak bulus. Berikut ini adalah morfologi dari tanaman rambutan :

1. Morfologi akar pada tanaman rambutan

Morfologi Tanaman rambutan mempunyai akar tunggang dan akar samping. Akar – akar rambutan berwarna coklat dengan serabut akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah. Terdapat juga tudung akar yang berguna untuk melindungi akar dari kerusakan saat akan menembus tanah.

2. Morfologi batang pada tanaman rambutan

Tanaman rambutan bisa tumbuh dengan ketinggian bisa mencapai 15 m bahkan lebih. Batang tanaman ini mempunyai bentuk bulat tidak beraturan dengan warna coklat dan diameter bisa mencapai antara 40 s/d 60 Cm yang mana batang tanaman ini memiliki tekstur yang keras dan tidak rata serta termasuk tanaman berumur panjang. Tanaman rambutan mempunyai cabang yang banyak dengan arah masing – masing cabang cenderung horizontal.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jeruk

3. Morfologi daun pada tanaman rambutan

Tanaman rambutan mempunyai daun berjenis majemuk, berselang – seling dengan ukuran ada yang kecil dan panjang serta pada bagian ujungnya runcing. Daun tanaman bersangkutan berwarna hijau dengan ukuran panjang antara 7 s/d 20 Cm dan lebar 3 s/d 8 Cm. Daun rambutan mengandung minyak terpentin sehingga mempunyai sifat mudah terbakar meskipun masih berwarna hijau.

4. Morfologi bunga pada tanaman rambutan

Bunga rambutan mempunyai diameter sekitar 5 mm yang terdapat pada bagian ujung cabang, di samping itu terdapat kelopak bunga yang berfungsi untuk melindungi bunga ketika masih kuncup. Di dalam rangkaian bunga rambutan terdapat mahkota, benang sari, dan juga putik. Benang sari terdiri dari tangkai sari, kepala sari, dan serbuk sari, sedangkan putik terdiri dari bakal putik, tangkai buah, dan bakal biji. Tanaman rambutan mempunyai tiga macam bunga yaitu bunga jantan, bunga betina, dan bunga sempurna / hermafrodit. Penyerbukan tanaman ini terjadi secara silang melalui bantuan lebah lancing / trigonoid.

5. Morfologi buah pada tanaman rambutan

Buah rambutan rata – rata berbentuk bulat hingga bulat memanjang dengan kulit buah yang penuh dengan rambut yang mana ada yang berambut pendek dan ada yang berambut panjang. Buah bersangkutan memiliki warna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi kuning kehijauan, jingga hingga merah ketika sudah matang di pohon. Buah rambutan mempunyai panjang berukuran kisaran 4 s/d 5 Cm dengan daging buah tebal berwarna putih kekuningan atau putih keabuan dan mengandung air. Rasa buah rambutan adalah manis segar atau asam manis.

6. Morfologi biji pada tanaman rambutan

Biji – biji pada buah rambutan memiliki bentuk elips yang diselimuti oleh daging buah yang cukup tebal berair. Biji – biji ini mempunyai warna putih agak keruh yang diselimuti / dilapisi sejenis serat kayu yang sangat tipis.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Karet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *