Penyebab Pinjaman Ditolak Oleh Pihak Bank

Diposting pada

Penyebab Pinjaman Ditolak  – Apa – apa saja yang menjadi pertimbangan team risk management ketika akan menganalisis permohonan pinjaman anda ? Berikut ini adalah beberapa fakta yang perlu anda ketahui tentang persetujuan pinjaman di bank.

Penyebab Pinjaman Ditolak Oleh Pihak Bank
Penyebab Pinjaman Ditolak Oleh Pihak Bank

1. Kartu Kredit Nihil

Bagi calon debitur yang mempunyai kartu kredit akan lebih mudah untuk disetujui oleh pihak bank namun sebaliknya calon yang tidak memiliki kartu kredit dari bank apapun lebih sulit untuk dipercaya. Karena diketahui bahwa pengajuan kartu kredit pastilah sudah melalui rangkaian proses analisis dari pihak bank. Dengan memiliki kartu kredit disertai pembayaran yang baik maka akan dapat meningkatkan skor kredit seseorang.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Akun Google yang Disable

2. Hasil Checking BI Yang Kurang Bagus

 Apabila anda pernah memakai salah satu produk kredit apapun yang tidak dilunasi maka dapat dipastikan pengajuan pinjaman anda selanjutnya akan selalu ditolak.

Hal tersebut di atas disebabkan oleh hasil BI checking yang buruk : ini terjadi jika anda merasa pernah meminjam dana dari bank atau perusahaan fintech yang belum dilunasi maka disarankan anda segera membereskan hal bersangkutan. Yang kedua adalah anda merasa tidak menunggak pembayaran apapun maka pastikan kembali produk – produk kredit yang pernah anda gunakan sebelumnya misalkan apakah kartu kredit yang sudah anda tutup saat ini benar – benar sudah tertutup. Ini bisa dipertegas dengan minta surat keterangan lunas dan minta dilakukan up to date pihak BI checking oleh bank bersangkutan.

3. Plafond Pinjaman Tidak Sesuai Dengan Gaji

Pihak bank mengistilahkan Rasio Kredit yang dipertimbangkan berdasarkan atas gaji. Rasio Kredit adalah maksimal dari angsuran per bulan yang diperbolehkan dan diukur berdasarkan penghasilan tetap anda. Bank secara garis besar hanya memperbolehkan Rasio Kredit gaji sebesar 30 persen saja. Artinya apabila penghasilan anda sekitar 10 juta per bulan, maka maksimal angsuran anda adalah 3 juta rupiah per bulan. Angsuran yang dimaksudkan adalah angsuran untuk semua jenis kredit yang hendak dipilih baik itu KPR, KKB dan yang lainnya.

Maka dari itu sebelum anda mengajukan pinjaman maka coba hitung kembali Rasio Kredit gadi anda.

4. Terlalu Banyak Kredit Di Bank Lain

Bank biasanya tidak mempermasalahkan dengan jenis kredit KPR, KKB dan kartu kredit. Tetapi semua bank kurang menyukai calon debitur yang memiliki jenis pinjaman multiguna dari bank lainnya.

Penyebab pinjaman ditolak oleh pihak bank yang lainnya adalah status pekerjaan tidak menetap, dokumen tidak lengkap atau tidak jelas, foto anda mengkhawatirkan dan slip gaji seperti tempahan maksudnya adalah bank tidak akan berani menerima apabila slip gaji anda dicurigai sebagai tempahan yaitu slip gaji tempahan bisa dibuat sendiri atau diminta dibuatkan oleh perusahaan / mengada – ada.

Kesimpulan Ulasan

  • Calon debitur yang tidak mempunyai kartu kredit akan kesulitan dalam mengajukan pinjaman KTA apalagi pinjaman mudah secara online.
  • Calon debitur yang memiliki data – data BI checking buruk akan merasa kesulitan untuk memperoleh fasilitas pinjaman dari bank atau perusahaan fintech.
  • Rasio Kredit yang kurang sesuai dengan gaji akan menyebabkan pinjaman anda ditolak.
  • KPR atau KKB dan KK mungkin sedikit bermasalah namun pinjaman multiguna yang belum lunas dari bank lain akan menyebabkan pinjaman anda ditolak.
  • Status pekerjaan masih kontrak akan menyebabkan peresetujuan pinjaman anda menjadi lebih sulit.
  • Ketika bank atau fintech meminta foto anda maka kirimkan atau upload yang terlihat fresh dan bersemangat.
  • Hindari mengirimkan slip gaji tempahan meskipun terlihat seperti aslinya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang penyebab pinjaman ditolak oleh pihak bank, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Platform CMS Terbaik Untuk Membuat Toko Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *